Senin, 21 Maret 2011

tugas perencanaan kota


Resume
“Demografi dan Karakteristik Kota”

Demografi
Jumlah penduduk selalu terkait dengan ruang karena dalam suatu ruang akan terlihat mana kawasan dengan penduduk padat dan mana yang tidak.  Penduduk terkait dengan:
-     jumlah
-     komposisi
-     distribusi
-     perkembangan
-     umur
-      perubahan
 Dalam perencanaan kota, hal penting yang harus diketahui terkait dengan penduduk adalah bagaimana struktur penduduk itu sendiri dan berapa populasinya. Contohnya adalah untuk mengukur cukupkah jumlah air untuk penduduk, maka yang perlu diketahui yaitu debit air dan jumlah penduduknya.
Struktur penduduk terkait dengan jumlah, persebaran dan komposisi penduduk. Jumlah penduduk selalu mengalami perubahan. Perubahan ini terjadi karena adanya natalis (fertilitas), mortalitas dan migrasi. Penduduk suatu kawasan, selain harus di ketahui secara statistic (jumlah), juga harus diketahui bagaimana perilakunya (kebiasaan dan kesenangan. Misal, senang naik sepeda, senang naik angkot, dsb), dan juga harus diketahui bagaimana dampak dari jumlah dan perilaku penduduk tersebut.
Untuk memprediksi jumlah penduduk dimasa yang akan datang, terlebih dahulu harus diketahui berapa rata-rata pertumbuhan penduduknya. Jika pertumbuhan rata-rata penduduk lebih besar dari rata-rata pertumbuhan penduduk nasional, berarti kawasan tersebut mengalami pertumbuhan yang cepat, begitu pula sebaliknya.
Salah satu yang mempengaruhi jumlah penduduk adalah migrasi. Jumlah migrasi penduduk suatu kawasan juga harus diketahui untuk mempertimbangkan penyediaan sarana dan prasarana yang dibutuhkan.  

Karakteristik Kota
            Secara umum, karakteristik kota dapat dilihat dari segi fisik, sosial dan ekonomi. Sedangakn secara bidang ilmu yaitu geografi, sosiologi, engineering, dll. Secara konsep berarti merencanakan kota sebagai wadah untuk menampung aktivitas. Sedangkan dari fungsinya yaitu perdagangan, industri, pariwisata dsb.
Karakteristik yang dapat dilihat dari suatu kota, yaitu:
-       Fisik,yaitu bangunan, infrastruktur dan tata guna lahan.
-       Sosial, yaitu penduduknya
-       Ekonomi, yaitufungsi sebagai produksi barang dan jasa yang merupakan mesin utama pertumbuhan suatu kota. Missal, investor dan pdrb.
Suatu kota akan cepat berkembang karena diminati oleh investor. Investor tertarik pada suatu kota karena banyak potensi dari kota tersebut, regulasi atau proses ijin yang cepat, tata ruang yang jelas, UMR yang tepat, dan adanya kinerja kerja yang bagus.
Dalam konteks ruang, kota dapat dibedakan secara internal dan eksternal. Secara internal, kota merupakan suatu kesatuan sistem. Sedangkan secara eksternal, kota selalu dipengaruhi dari luar.
Perencanaan kota/perkotaan merupakan salah jenis perencanaan berdasarkan hierarki spasial, yakni pada tingkat/skala kota atau kawasan perkotaan. Dalam hal ini perencanaan kota/perkotaan penyiapan dan antisipasi kondisi kota pada masa yang akan datang, dengan titik berat pada aspek spasial dan tata guna lahan, yang dimaksudkan untuk mewujudkan peningkatan kualitas lingkungan kehidupan dan penghidupan masyarakat kota dalam mencapai kesejahteraan.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar