Rabu, 16 Juni 2010

Teknik Komunikasi

Komunikasi merupakan proses penyampaian pernyataan yang dilakukan oleh seseorang kepada orang lain sebagai konsekuensi dari hubungan sosial. Komunikasi berlangsung apabila antara orang-orang yang terlibat terdapat kesamaan maka mengenai suatu hal yang dikomunikasikan (Nurini, 2009).
Koncaid & Schramn menyatakan komunikasi sebagai sebuah proses, artinya komunikasi merupakan proses berbagi/menggunakan sebuah informasi secara bersama dan pertalian antara para peserta dalam proses informasi tersebut. Ciri adanya proses komunikasi adalah harus ada 2 pihak atau lebih, dan ada proses berbagi informasi, sehingga harus selektif dalam memilih alat komunikasi dan memilih pola yang sesuai untuk menggambarkan pikiran.
Pada masa pra sejarah komunikasi dilakukan dengan cara alamiah. Sekarang ini komunikasi dilakukan dengan bantuan sebuah alat atau sering disebut teknologi. Teknologi komunikasi dilahirkan oleh sebuah struktur sosial, ekonomi dan politik. Teknologi komunikasi dapat meningkatkan kemampuan indera manusia terutama kemampuan mendengar dan melihat.

Sumber:

Abdullah, Aba. 2005. “Peran Media komunikasi Modern Sebagai Sarana yang Menghancurkan”. http://www.al-ikhwan.net/peran-media-komunikasi-modern-tv-sebagai-sarana-untuk-menghancurkan-29/.
Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika. 2009. “Media komunikasi”. http://dishubkominfo.tasikmalayakota.go.id/index.php?option=com_content&task=view&id=69&Itemid=75

Tidak ada komentar:

Posting Komentar